Saturday, August 27, 2016

Amunisi Sebelum Mengolah Kayu

Saya Akan Berbagi Ilmu Tentang Bahan dan Alat Pembantu yang digunakan Dalam Mengolah dan Membuat Ketrampilan Dari kayu Beserta Pengertiannya, Apa saja yg digunakan? yuuk Mari disimak

Bahan Pembantu
Bahan pembantu adalah bahan yang digunakan untuk membantu mempercepat proses, dan memperkuat hasil barang yang dibuat. Bahan pembantu tidak harus ada, tetapi jika ada lebih baik. Yang termasuk bahan pembantu adalah paku dan lem.

Paku
Pengertian Paku
Paku (nail) adalah sebuah material yang terbuat dari besi, baja,alumunium, dan kawat yang bentuknya slinder dan berujung lancip sertaberkepala agak lebar.Paku merupakan salah satu bahan pendukung produksi dalam duniaindustri kayu yang fungsinya untuk menyambung kayu yang sifatnyapermanen dan sementara. Paku umumnya terdapat banyak jenis danukurannya, serta fungsinya juga berbeda-beda. Selain digunakan padakayu ada juga yang difungsikan untuk tembok. Paku juga dapat dijual perpacked, bijian atau kiloan.



Perekat / Lem

Pengertian
Perekat/lem adalah suatu bahan yang dapat merekatkan dua buah bahan sehingga sukar untuk dilepas kembali.

Jenis perekat / Lem
1. Perekat mengering di udara, contohnya lem kayu, lem kertas dan lem kuning.

2. Perekat dilelehkan jika di gunakan, contohnya lem bakar

3. Perekat aktif secara kimiawi, adalah lem yang penggunaannya harus dicampur satu dengan lainnya, contoh perekat jenis ini adalah lem epoxy



ALAT KETRAMPILAN KAYU


Alat Manual
Alat manual ketrampilan kayu adalah alat-alat tanpa mesin yang digunakan dalam membuat barang dari bahan kayu. Sesuai dengan fungsinya alat-alat tersebut dikelompokkan menjadi :



Alat Pengukur

Alat pengukur dalam ketrampilan kayu yang lazim digunakan adalah pengukur satuan panjang dan sudut. Alat pengukur satuan panjang berupa mistar / penggaris dan rol meter, sedangkan alat pengukur sudut berupa siku-siku dan busur .

Rol Meter

Penggaris
Siku Siku












Gambar : alat-alat pengukur


Alat Penghalus
Alat penghalus dalam ketrampilan kayu adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu. Alat penghalus yang manual berupa pasah / ketam manual, patar dan amplas.

Ketam / Pasah

Ketam / Pasah

Kikir

Gambar : alat-alat penghalus manual

Alat Pemotong
Alat pemotong dalam ketrampilan kayu adalah alat yang digunakan untuk memotong dan membelah kayu. Alat pemotong perkayuan manual berupa gergaji tangan / gorok,gergaji tripleks, cutter , pisau dan gunting.


Pisau Raut

Gergaji Triplek

Gergaji Tangan / Gorok

Gambar : Alat-alat pemotong manual


Alat Pelubang
Alat pelubang dalam ketrampilan kayu adalah alat-alat  yang fungsi utamanya untuk membuat lubang. Alat-alat pelubang manual berupa bor engkol, bor erek dan pahat tukang / pahat pelubang.
Pahat Tukang
Gambar : alat-alat pelubang manual


Alat Pembentuk / Peraut
Alat pembentuk dalam ketrampilan kayu adalah alat-alat yang biasa digunakan untuk membentuk kayu menjadi sesuai dengan keinginan tukang. Alat-alat pembentuk yang manual  antara lain pisau raut dan pahat ukir.
Pahat Ukir
   
Pisau Raut












Gambar : alat pembentuk manual


Alat Penjepit
Alat penjepit dalam ketrampilan kayu adalah alat bantu untuk menjepit benda kerja. Tujuan benda kerja dijepit antara lain agar tidak bergerak atau agar merapat/ berhimpit. Alat-alat penjepit tersebut antara lain berupa klem atau tanggem.

 
Alat Penjepit / Klem
Gambar : Alat-alat penjepit / klem


Alat  Pemukul
Alat pemukul dalam  ketrampilan kayu  ada beberapa macam, antara lain :
Palu besi / martil, alat pemukul untuk membenankan paku
Palu Kayu / Ganden, alat pemukul pahat ukir saat mengukir.
Palu Karet , alat pemukul saat merangkai bagian-bagian  konstruksi.
Palu Karet

Palu Besi

Palu Kayu
Gambar : Macam-macam alat pemukul



Alat Pencabut
Dalam proses merangkai kadang kita salah memaku, bisa tidak tepat atau  paku  melengkung. Oleh karena itu diperlukan alat pencabut. Alat yang dapat digunakan untuk mencabut paku antara lain tang, catut , pengungkit, banci,  dan palu kaki kambing,

 
Tang

Catut / Kakatua

Banci Pengungkit / Palu Kaki Kambing

Gambar : Alat-alat pencabut

Alat Pengulir
Alat pengulir dalam ketrampilana kayu adalah alat yang digunakan untuk memutar, misalnya paku baut / paku berulir, baik untuk memasukkan maupun mengeluarkan. Alat yang dugunakan adalah obeng atau drei.

Obeng / Drei
Gambar : Alat pengulir

Alat Semi Masinal
Alat ketrampilan kayu kategori semi masinal adalah alat ketrampilan kayu bermesin yang penggunaannya digerakkan dengan tangan. Posisi benda diam sementara mesin dihidupkan dan dijalankan. Alat-alat semi masinal dikelompokan dalam :
Alat Penghalus
Alat penghalus semi masinal dalam ketrampilan kayu antara lain planner fortable ( pasah mesin ) dan sender ( mesin amplas )
Mesin Pasah / Ketam

Mesin Amplas / Sender









Gambar : Mesin Pasah dan Mesin Amplas

Alat Pemotong
Alat pemotong semi masinal dalam ketrampilan kayu antara lain berupa gergaji  jigsaw tangan  dan mesin gergaji lingkar tangan.

     
Gergaji Lingkar

Gergaji Jigsaw












Gambar : Gergaji lingkar tangan  dan  gergaji  jigsaw  tangan

Alat Pembentuk
Alat  pembentuk semi masinal adalah mesin yang digerakkan tangan untuk mengubah bentuk kayu. Alat tersebut namanya Trimmer atau sering disebut mesin profil.

Trimmer / Mesin Profil
Gambar : Alat pembentuk

Alat Pelubang
Alat pelubang adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang. Alat pelubang semi masinal berupa bor tembak ( Drill Gun )

Bor Tembak / Drill Gun
Gambar : Alat Pelubang

0 komentar:

Post a Comment