Thursday, July 14, 2016

Jenis-Jenis Kayu beserta Pengertiannya

Kali ini saya akan Membahas tentang Kayu, Mulai dari Macam- Macam jenis kayu.
Langsung Saja
Pertama kalian Harus Tau terlebih dahulu Bahan, Alat yang digunakan untuk mengolah kayu beserta pengertiannya

Bahan dan Alat Ketrampilan Kayu


Bahan Ketrampilan Kayu
Bahan adalah segala sesuatu yang menjadi obyek untuk diolah sehingga menjadi barang sesuai dengan yang direncanakan. Dalam hal ini ada bahan pokok dan ada bahan pembantu / penunjang. Bahan pokok adalah bahan yang harus ada pada saat kita akan membuat suatu barang, sedangkan bahan pembantu adalah bahan yang berfungsi menyempurnakan barang yang akan dibuat. Bila bahan pokok tidak tersedia maka barang tidak dapat dbuat, tetepi bila bahan pembantu tidak ada barang tetap dapat dibuat. Bahan pokok ketrampilan kayu berupa kayu baik kayu alam  maupun kayu yang telah diolah di pabrik, misalnya triplek, tekblok dll.

Bahan Pokok
Macam – macam jenis kayu alami
Kayu Jati
Kayu jati termasuk kayu keras, berwarna coklat. Serat kayu jati padat dan halus, sangat baik untuk bahan mebel dan bangunan, kuat dan tahan hama.

Kayu Mahoni
Kayu Mahoni termasuk kayu keras, berwarna kemerahan. Serat kayu mahoni juga padat dan halus. Kayu mahoni cocok untuk bahan mebel, kurang baik untuk bahan bangunan karena kurang tahan hama.

Kayu Sengon
Kayu Sengon termasuk kayu lunak, berwarna putih dan ringan. Kayu sengon seratnya tidak padat. Kayu Sengon sering digunakan untuk bahan pembuatan kertas, kerangka sofa dan rak buku. Kayu jenis ini kurang kuat tetapi tahan terhadap hama kayu.

Kayu Wadang
Kayu Wadang termasuk kayu keras, warnanya putih agak coklat ada juga yang kemerahan. Serat kayu Wadang cukup padat dan halus . Kayu Wadang sering digunakan untuk bahan pintu daun jendela dan kerajinan. Kayu ini kurang tahan terhadap hama.

Kayu Glugu
Kayu Glugu adalah kayu dari pohon buah kelapa. Seratnya kasar , bila sudah tua berwarna coklat kehitaman. Jenis kayu ini banyak digunakan untuk bahan bangunan. Serat kayu glugu keras tetapi  mudah lapuk bila terkena air hujan.

Kayu Sawo
Kayu sawo termasuk kayu keras warnanya coklat tua. Serat kayu sawo sangat halus keras dan kuat serta tahan terhadap hama. Kayu sawo sangat baik untuk bahan mebel dan kerajinan.

Kayu Akasia
Kayu Akasia berwarna coklat mirip kayu jati tetapi  lebih keras. Kayu Akasia seratnya tidak teratur. Kayu ini sering digunakan untuk bahan bangunan dan mebel.

Kayu Sonokeling
Kayu Sonokeling termasuk kayu keras, warnanya hitam loreng coklat . Kayu Sonokeling seratnya padat . Warnanya yang bagus sangat baik untuk bahan mebel dan kerajinan.

Kayu Pinus
Kayu Pinus kayu yang seratnya halus, warnanya kekuningan, Jenis kayu ini banyak digunakan untuk kerajinan dan pigura.

Macam – macam kayu olahan pabrik
Triplek
Triplek adalah bahan berupa kayu lembaran berlapis 3 ( tri ). Teriplek kecil berukuran 92 cm x 184 cm dan yang besar berukuran 122 cm x 244 cm.

Multiplek
Multiplek adalah bahan berupa lembaran berlapis-lapis dengan tebal 18 mm lebar 122 cm dan panjangnya 244 cm.

Tekwood
Tekwood adalah triplek yang salah satu sisinya berlapis kayu jati. Bahan jenis ini berukuran panjang 244 cm, lebar 122 cm dan tebalnya 3 mm.

Tekblok
Tekblok adalah triplek tebal 18 mm yang tengahnya berisi potongan-potongan kayu. Bahan ini ukuran panjangnya 244 cm dan lebarnya 122 cm.

MDF ( Medium Density Fiberwood )
MDF adalah bahan berupa lembaran berukuran 122 cm  x 244cm yang terbuat dari serbuk kayu yang dipres / dipadatkan. Tebal MDF ada yang 3 mm, 6 mm, dan 10 mm.

Melamin
Melamin adalah bahan berupa tripleks yang salah satu sisinya licin berwarna putih atau biru muda. Bahan ini digunakan untuk bahan papan tulis , meja makan dll.

1 comment:

  1. Baru tau ada jenis kayu melamin... apakah jenis kayu melamin bisa dipakai untuk membuat mainan edukasi anak ?

    ReplyDelete